Meskipun agak terlambat, namun apa salahnya menyampaikan pengalaman dari pada tidak sama sekali. Semoga saja dapat diambil manfaatnya. Google Sites bisa juga dipakai untuk menuliskan catatan materi untuk mengajar, meskipun bukan lagi untuk PJJ.

Untuk menggunakan Google Sites, syaratnya Anda sudah memiliki akun google (gmail).

 

Memulai Google Sites

  1. Buka drive dan login dengan masukkan username dan password Anda. Jika tidak langsung memunculkan halaman login, silakan klik "Buka Drive".
  2. Setelah berhasil login, silakan membuat sebuah Folder (Direktori) dalam "Drive Saya". Misalnya folder itu diberi nama "PJJ-2021", lalu masuk ke dalamnya.
  3. Klik tombol "+Baru", lalu klik "Lainnya", dan pilih "Google Sites"

Mengelola Google Sites Anda

Setelah melakukan langkah ke-3 "Memulai Google Sites", akan disiapkan halaman muka (beranda) website Anda. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah:

  1. Mengubah nama situs Anda:
    • "Situs tanpa judul" diganti -misalnya- "mat-2021" (jika nama sudah dipakai orang lain, silakan ganti nama yang lain.)
    • "Judul halaman anda" diganti -misalnya- "Matematika TP 2021/2022"
  2. Membuat tata letak:
    • Bisa langsung memilih salah satu tata letak yang tersedia.
    • Bisa juga langsung memilih kotak teks untuk menulis materi.
  3. Membuat halaman lain
    • Halaman muka (beranda/home), sebaiknya diisi dengan poin materi berupa link atau gambar yang nantinya akan diarahkan ke halaman lain.
    • Untuk membuat halaman lain, pada panel kanan, pilih "Halaman", klik "+", lalu ketik nama halaman -misalnya- "Himpunan", dan diakhiri dengan klik "Selesai"
  4. Mengedit Halaman lain (yang baru dibuat)
    • Intinya sama seperti mengedit halaman muka, hanya bedanya halaman ini digunakan untuk menyajikan materi -misalnya- "Himpunan".
    • Bisa menyisipkan file word/pdf/atau lainnya yang sudah berada di drive anda.
    • Bisa juga menyisipkan video dari youtube. Panel kanan pada tab "Sisipkan", klik "YouTube". Lalu masukkan url video, klik video yang ditampilkan, dan diakhiri klik "Pilih"
  5. Mempublikasikan Google Sites Anda
    • Langkah akhir adalah mempublikasikan dengan klik tombol "mempublikasi" di sebelah kanan-atas halaman.
    • Jika seteah mempublikasikan, Anda masih melanjutkan mengedit halaman, maka harus dilakukan "mempublikasikan" ulang, agar perubahan terakhir diterapkan pada Website Anda.

Apakah sudah selesai? Jawabannya tergantung Anda sendiri. Jika Untuk setiap materi, Anda membuat Google Sites baru, maka langkah di atas bisa dianggap selesai. Namun jika Anda menghendaki Google Sites yang baru Anda buat itu untuk menyajikan materi selama 1 semester, maka silakan meninjau ulang dan mengedit (menambah materi) lainnya. Dan jangan lupa untuk "mempublikasikan" di akhir langkah editing Anda.

Jika Anda berencana untuk membagikan website ke siswa melalui whatsapp atau pun telegram, setelah "mempublikasikan" yang terakhir kalinya, klik icon link lalu kopi link yang muncul, dan siap dibagikan ke siswa.

Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat. Jika ada yang perlu ditanyakan, silakan menulis komentar di bawah tulisan ini.