Article Index

Mengumpulkan data pendaftar melalui formulir cetak sudah lumrah digunakan orang. Cara itu di jaman sekarang ini sudah mulai digantikan oleh form-elektronik salah satunya adalah google form. Manfaatnya apa? Antara lain manfaat menggunakan google form adalah : hemat kertas, hemat waktu, praktis, dll.

 

Bagaimana cara membuat formulir google?

 

Mudah. Syaratnya adalah Anda sudah memiliki akun google. 

Langkah awal :

* Buka drive

* Kunjungi drive ( go to google drive)

* Masukkan username

* Masukkan password

 


Langkah-langkah membuat formulir google :

* Klik Baru, lainnya, google formulir, formulir kosong atau dari template.

* Ganti judul form "Untitled Form" dengan judul yang diinginkan, misalnya "Pendaftaran Anggota baru PMR", lalu klik area kosong.

* Sudah disediakan item pertama isian, tipe-nya pilihan ganda. 

* Bisa diubah menjadi jawaban singkat atau pilihan lainnya.

* Jangan lupa untuk mengatur "wajib diisi" ataukah tidak.

* Bisa juga menampilkan deskripsi untuk memberi petunjuk menjawab pada masing-masing item.

 

 

Mempersiapkan file untuk menampung tanggapan (input) :

* klik tap tanggapan (respon) dan klik icon membuat spreadsheet

* klik pilihan "buat spreadsheet baru", klik "buat".

* contoh hasil :

 

Mencoba melihat penampilan form :

* klik icon mata. Untuk menutup, klik close (tanda silang pada tab yang terbuka).

 

Membuat link untuk dibagikan kepada calon anggota :

* klik KIRIM

* klik icon tautan (link), centang perpendek url dan klik "SALIN"

url siap dipaste (untuk dibagikan) melalui medsos atau media lainnya.

 

Demikian sekilas pemanfaatan formulir google.

 

---(eof)---